Turning Remembrance Into Action

Acquired Immunodeficiency Sindrome (AIDS) merupakan salah satu masalah umat manusia terbesar di dunia saat ini. Diperkirakan sampai sekarang jumlah yang terinfeksi HIV/AIDS di dunia berkisar 12-15 juta orang. Jumlah ini akan semakin meningkat dari tahun ke tahun jika program pencegahan AIDS yang dilakukan masyarakat di dunia tidak berhasil.WHO memperkirakan apabila program pencegahan AIDS tidak berhasil maka angka-angka tersebut akan melonjak menjadi 20-40 juta kasus pada tahun 2005. Diperkirakan pula bahwa 40% dari jumlah kasus di seluruh dunia akan berada di Asia Tenggara!

Melihat kenyataan itu untuk pertama kalinya di San Fransisco, AS pada tahun 1983 di adakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengenang orang2 yang meninggal karena AIDS. Memberikan dukungan kepada mereka yang hidup dengan HIV/AIDS; Membangkitkan kesadaran akan bahaya virus HIV; Menggugah masyarakat untuk terlibat dalam upaya melawan HIV/AIDS.

MRANKegiatan ini kemudian berkembang menjadi kegiatan internasional, ratusan kota besar dan kecil dari seluruh dunia bersama-sama serentak dalam menyelenggarakan acara ini. Indonesia menyelenggarakan acara Malam Renungan AIDS Nusantara (MRAN) pertama kali secara nasional pada tahun 1996. Thun 2004 MRAN diselenggarakan di beberapa daerah di Indonesia dengan satu tema “Turning Remembrance Into Action”

Di yogya sendiri PKBI bekerja sama dengan lembaga terkait lainnya mengadakan MRAN pada tanggal 20+21+22 Mei 2004 di Benteng Vredeburg. Yup kemarin malam adalah puncaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *